Posted in Tips-tips sederhana

Bertengkar, Bisa Memperpanjang Umur


ayhee_swap

Anda sering bertengkar dengan pasangan ? Nah, sebuah penelitian terbaru membuktikan bertengkar ternyata baik untuk kesehatan, dan hebatnya lagi bertengkar terbukti juga membuat umur bertambah panjang.

Hal ini ditemukan ketika sebuah penelitian mendapatkan pasangan yang memendam kemarahan memiliki angka kematian dua kali lebih tinggi daripada pasangan yang saling bersikukuh. Setidaknya itu pengamatan yang dilakukan terhadap 192 pasangan di Amerika Serikat selama 17 tahun!

“Ketika pasangan itu bersama, salah satu tugas utama adalah rekonsiliasi konflik,” ungkap Guru Besar Emeritus Universitas Michigan,Ernest Harburg, yang merupakan peneliti utama penelitian itu, seperti dikutip dari AFP, Jumat (25/1/2008).

“Kuncinya adalah, ketika konflik muncul, bagaimana Anda memecahkannya ?” imbuh Harburg.

“Jika tak dipecahkan, jika dipendam kemarahan itu, Anda memikirkannya dan akhirnya membalas pada orang lain, tanpa memecahkannya, Anda berada dalam masalah,” lanjutnya.

Penelitian terdahulu menemukan, memendam kemarahan meningkatkan penyakit terkait stres seperti serangan jantung dan darah tinggi. Penelitian itu menunjukkan bagaimana marah yang terpendam dalam perkawinan akan berpengaruh pada usia kematian.

Angka kematian itu meningkat lagi seiring umur, merokok, berat badan, tekanan darah, problem pernafasan, dan risiko kardiovaskular. Penelitian Harburg ini mengandalkan kuisioner yang dibagikan pada responden penelitian. Kedua belah pasangan pada 26 pasangan terbukti memendam marah, sementara hanya salah satu pasangan dari 166 pasangan yang memendam marah.

Harburg memperingatkan, penelitian ini masih dini sehingga tidak bisa mewakili contoh kasus dari hubungan perkawinan. Para responden adalah pasangan kulit putih dan kelas menengah di Michigan.

Kuisioner pertama diambil pada tahun 1971 dan kemudian terus diikuti sampai sekarang. Harburg menyatakan, analisis yang lebih pas baru selesai pada 30 tahun lagi.

Gimana??? tertarik??

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s